.

SEJARAH DAN AKAR

Masa kini tidak mungkin bisa dilepaskan dari masa lampau, karena masa itu sangat tidak mungkin bisa dipisahkan. Masa sekarang adalah produk proses sejarah, apa yang kita capai sekarang merupakan hasil usaha kita dalam rentang waktu yang cukup panjang.
Tidak ada sesuatu terjadi dengan tiba-tiba, kecuali Allah menghendakinya. Tetapi sudah menjadi surat kehidupan ini, bahwa sesuatu itu terjadi karena sebab dan ada proses waktu di dalamnya. Demikian juga dengan keberadaan aikido di tanah air kita pada saat ini.
Ketika akar sudah menggenggam dan terhujam ke tanah, maka pertumbuhan mulai terjadi dengan lokasi terpilihnya. Cukupkah sinar matahari diperolehnya, cukupkah airnya, baguskah tanah tempat bertumbuhnya adalah suatu rahasia kehidupan tumbuhan itu untuk kemudian hidup atau mati. Bila akarnya diganggu, maka pertumbuhannya terhambat atau mati. Tetapi bila daunnya dicukur, maka ia masih dapat bertumbuh walau tidak secepat pohon yang dipelihara baik pertumbuhannya.
Analogi sejarah sebagai sebuah akar pertumbuhan dipastikan telah disadari kita pada umumnya. Tetapi banyak pula orang yang mengetahui, tetapi mencoba mengaburkan sejarah untuk kepentingan pribadinya. Bahkan banyak dari mereka mencoba menghilangkan sejarah sebenarnya, padahal kita semua tahu sejarah adalah hal penting sebagai bahagian pelajaran.

Salaam.
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment